fbpx

Halo Mitsubishi Medan.. Kita semua pasti menginginkan kendaraan yang prima pada saat dipakai untuk kegiatan sehari hari dari rumah maupun ke kantor dan yang pastinya ketika kita mau pergi liburan. Akan sangat ruginya apabila kendaaraan kita tidak prima.Beberapa perawatan rutin ada yang dapat anda lakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel jika Anda memiliki waktu luang. Perawatan yang dapat Anda lakukan sendiri dari rumah saja berikut ulasanya.

5 Hal perawatan mobil yang bisa di lakukan dirumah

CHECK AKI (Baterai Mobil)

Pemakaian baterai harus sering sering melakukan pengecekan kerena untuk sekarang hampir rata rata mobil sudah memakai tenaga baterai untuk mengoperasikan kendaraan biar lebih nyaman Oleh karena itu kita bisa melakukan pengecekan dan perawatan cara cukup mudahCaranya cukup mudah, pada aki basah terdapat batas upper dan lower sebagai informasi jika aki mobil kekurangan cairan atau tidak. Jika air aki di bawah kondisi normal, segera lakukan penambahan air aki untuk menjaga performanya.

Untuk Baterai (Aki) Kering berbeda dengan aki basah karena sistem berbeda cukup melakukan perawatan biar mengantisipasi kebocoran aki. Cukup pakai sampai drop. Baru melakukan penggantian baterai aki.

CHECK AIR RADIATOR

Air Radiator yang berfungsi untuk mendinginkan mesin sesuai batas normal mobil tersebut. Lita bisa melakukan perawatan rutin dirumah saja dengan cara melakukan penggantian cairan air raditor dengan cairan coolant biasanya dilakukan rata rata pemakaian 15.000 km s/d 20.000 km. Harus rajin melakukan pengecekan.

CHECK PEMAKAIAN OLI

Untuk ini harus diperhatikan lebih karena mobil kita memerlukan oli. Maka dari itu check penggantian oli sesuai jadwal disarankan penggantian oli per 5000 km s/d 8000 km sehingga mobil tetap dengan keadaan prima.Cara penggantian oli cukup mudah dilakukan dirumah dengan cara anggkat mobil dengan dongkrak setelah itu masuk ke kolong mobil lepas baut oli dan kuras oli sampai abis dan bersih, lalu masukan oli baru dan tutup baut oli dengan rapat. Cukup mudah dilakukan dengan mudah bukan.

CHECK PEMAKAIAN BAN DAN REM MOBIL

Perhatikan pemakaian usia ban. Dan juga mengecek pemakaian ban yang harus diperhatikan paling utama adalah tekanan angin ban. Pastikan keempat roda ban memiliki angin yang sesuai aturan ban mobil. Tidak lupa kita juga harus perhatikan ban cadangan pastikan ban dapat digunakan dan ready kapan aja ketika dibutuhkan.

Nah kita juga harus perhatikan pemakaian Rem mobil mulai dari Minyak rem kita ukur dari batas upper dan lower harus diperhatikan kalau kekurangan cairan minyak rem harus diisi ulang juga diperhatikan pemakaian kampas rem semakin tinggi putaran mesin maka umur pemakaian kampas rem semakin pendek.Untuk mengetahui kampas rem sudah habis atau belum, Anda dapat melakukan beberapa cara. Cara pertama yaitu dengan menginjak pedal rem. Pijakan pedal rem akan terasa lebih dalam dari biasanya jika kampas rem sudah mulai termakan. Kedua check langsung fisik kampas remnya di disc brake mobil

CHECK KEBERSIHAN MOBIL

Yang terkahir nih ini yang harus di lakukan secara rutin yaitu check kebersihan mobil mulai dari exterior dan interior mobil biar lebih terawat.

perawatan Exterior membersihkan seluruh body mobil dan kaca mobil sering cuci mobil untuk membersihkan kotoran debu dan jamur jamur mobil lakukan secara rutin. dan perawatan Interior bersihkan seluruh dalam mobil mulai dari bagian bawah seperti alas kaki maupun jok mobil.. Utamakan kebersihan mobil.